Minggu, 14 Desember 2014

Via

tentang intel core i5

tentang intel core i5 - Intel Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika yang berkantor pusat di Santa Clara, California. Intel merupakan salah satu semikonduktor terbesar dan dihargai tertinggi pembuat chip dunia, berdasarkan pendapatan. Ini adalah penemu dari seri x86 mikroprosesor, prosesor yang ditemukan di sebagian besar komputer pribadi.

Intel Corporation, yang didirikan pada tanggal 18 Juli 1968, adalah portmanteau dari Integrated Electronics (fakta bahwa "intel" adalah istilah untuk informasi intelijen juga membuat nama yang tepat). Intel juga membuat chipset motherboard, pengendali antarmuka jaringan dan terintegrasi sirkuit, memori flash, chip grafis, processor intel tertanam dan perangkat lain yang berkaitan dengan komunikasi dan komputasi.

Didirikan oleh perintis semikonduktor Robert Noyce dan Gordon Moore dan banyak terkait dengan kepemimpinan eksekutif dan visi Andrew Grove, Intel menggabungkan kemampuan desain chip canggih dengan kemampuan manufaktur terdepan. Meskipun Intel awalnya dikenal terutama untuk insinyur dan teknologi, yang "Intel Inside" kampanye iklan tahun 1990-an membuat nama rumah tangga, bersama dengan prosesor Pentium.

Intel adalah pengembang awal SRAM dan memori DRAM chip, dan ini mewakili mayoritas bisnisnya hingga 1981. Meskipun Intel menciptakan microprocessor chip komersial pertama di dunia pada tahun 1971, ia tidak sampai keberhasilan personal computer (PC) yang ini menjadi bisnis utamanya. Selama tahun 1990, Intel berinvestasi dalam desain mikroprosesor baru mendorong pertumbuhan yang cepat dari industri komputer.

Selama periode ini Intel menjadi pemasok dominan mikroprosesor untuk PC, dan dikenal karena taktik agresif dan kadang-kadang ilegal dalam membela posisi pasar, khususnya terhadap Advanced Micro Devices (AMD), serta perjuangan dengan Microsoft untuk mengontrol arah dari industri PC.
2013 peringkat 100 merek dunia yang paling berharga yang diterbitkan oleh Millward Brown Optimor menunjukkan nilai merek perusahaan di nomor 61.
Intel juga telah mulai penelitian transmisi listrik dan generasi. Intel baru-baru ini memperkenalkan transistor 3-D yang meningkatkan kinerja dan efisiensi energi.

Intel telah mulai memproduksi secara massal ini 3-D transistor, bernama Tri-Gate transistor, dengan proses 22 nm, yang saat ini digunakan dalam prosesor generasi ke-3 inti mereka awalnya dirilis pada 29 April 2012. pada tahun 2011, SpectraWatt Inc, sebuah spin-off sel surya dari Intel, mengajukan kebangkrutan di bawah Bab 11.

Pada bulan Juni 2013, Intel meluncurkan generasi keempat dari prosesor Intel Core (Haswell) dalam sebuah acara bernama Computex di Taipei.
Open Source Technology Center di Intel host PowerTOP dan LatencyTOP, dan mendukung proyek-proyek open source lainnya seperti Wayland, Intel Array Building Blocks, Threading Building Blocks (TBB), dan Xen.

Baca selengkapnya: Divisi Mobile dan PC Intel Akan Digabung Jadi Satu